MAKALAH TENTANG PRODUK
- Get link
- X
- Other Apps
KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan
karunia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan paper yang berjudul Produk ini tepat pada waktunya. Paper
ini disusun sebagai salah satu bentuk penugasan dalam mata kuliah pengantar
ilmu ekonomi serta sebagai upaya untuk memperdalam pemahaman kami tentang
konsep produk dalam dunia bisnis, mulai dari proses pengembangan, pemasaran,
hingga kualitas produk.
Kami
menyadari bahwa penyusunan paper ini tidak terlepas dari bantuan berbagai
pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, kami ingin
mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen pembimbing [nama
dosen] yang telah memberikan bimbingan, saran, dan arahan sehingga paper ini
dapat terselesaikan dengan baik. Selain itu, kami juga menyampaikan terima
kasih kepada rekan-rekan yang telah memberikan dukungan dan masukan selama
proses penyusunan paper ini.
Kami
menyadari bahwa paper ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami
sangat terbuka terhadap kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan di masa
mendatang. Semoga paper ini dapat memberikan manfaat, baik bagi penulis maupun
pembaca, serta menambah wawasan dalam bidang produk dan manajemen bisnis.
Akhir
kata, kami berharap paper ini dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu
pengetahuan dan bermanfaat bagi para pembacanya.
Aceh Utara,
……………….2024
Penulis
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
Desain produk merupakan hal yang sangat penting dalam bidang
manufaktur.Desain produk yang
baik akan dapat
meningkatkan jumlah dan
harga jual dariproduk,
sehingga dapat meningkatkan keuntungan
secara optimal. Tetapi,
desainproduk yang gagal
mengakibatkan produk tidak
terjual di pasaran.
Hal ini, akanmenimbulkan kerugian tidak hanya
dibidang desain saja, bidang yang lain pun akanterkena imbasnya.Desain produk
yang baik, harus memenuhi 3 (tiga) aspek penting yang seringdisebut segitiga
aspek produk, yaitu kualitas yang
baik, biaya rendah, dan jadwalyang tepat. Selanjutnya segitiga aspek
produk di atas dikembangkan menjadi suatupersyaratan dalam desain, yaitu desain
harus dapat dirakit, didaur ulang, diproduksi,diperiksa hasilnya, bebas
korosi, biaya rendah, serta waktu
yang tepat. Untuk itudalam mendesain suatu produk, harus
memperhatikan secara detail tentang fungsi-fungsi dari
produk yang didesain.
Guna mengetahui secara
rinci tentang fungsiproduk, dapat
dilakukan dengan beberapa
metode pendekatan mikro
(MC, MR,Equilibrium), Linier Programming/Dualitas,
dan Manajemen Keuangan (BEP).
1. Apa itu pengertian Produk ?
2. Apa saja perlengkapan Produk?
3. Apa
saja jenis Produk ?
4. Apa saja klasifikasi Produk ?
5. Apa saja perencanaan produk ?
1. Agar mengetahui apa itu produk
2. Agar mengetahui perlengkapannya
3. Agar mengetahui jenis – jenisnya
4. Agar mengetahui perencanaan produk.
BAB II PEMBAHASAN
Produk merupakan
titik pusat dari
kegiatan pemasaran karena
produkmerupakan hasil dari suatu perusahaan yang dapat ditawarkan ke
pasar untuk dikonsumsi dan merupakan alat dari suatu perusahaan untuk mencapai
tujuan dariperusahaannya. Suatu produk
harus memiliki keunggulan
dari produk-produkyang lain baik
dari segi kualitas, desain, bentuk, ukuran, kemasan, pelayanan,garansi, dan
rasa agar dapat
menarik minat konsumen
untuk mencoba danmembeli produk tersebut.
Menurut
Kotler & Armstrong, (2001: 346),
produk adalah segala sesuatuyang
dapat ditawarkan kepasar
untuk mendapatkan perhatian,
dibeli,digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau
kebutuhan.Secara konseptual produk
adalah pemahaman subyektif
dari produsen atassesuatu yang bisa ditawarkan sebagai
usaha untuk mencapai tujuan organisasimelalui
pemenuhan kebutuhan dan
kegiatan konsumen, sesuai
dengankompetensi dan kapasitas
organisasi serta daya beli pasar. Selain itu produkdapat pula
didefinisikan sebagai persepsi
konsumen yang dijabarkan
olehprodusen melalui hasil produksinya.
Produk dipandang penting oleh konsumendan dijadikan dasar pengambilan keputusan
pembelian.
Beberapa perlenggkapan yang
menyertai dan melengkapi
produk(karakteristik atribut produk) adalah :
1. Merek (branding)
Merek
(brand) adalah nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan,atau kombinasi dari
semua ini yang
dimaksudkan
untukmengidentifikasi
produk atau jasa
dari satu atau
kelompok penjual danmembedakannya dari
produk pesaing. Pemberian
merek merupakanmasalah pokok
dalam strategi produk.
Pemberian merek itu
mahal danmemakan waktu,
serta dapat membuat
produk itu berhasil
atau gagal.Nama merek
yang baik dapat
menambah keberhasilan yang
besar padaproduk.
2. Pengemasan (packing)
Pengemasan (packing)
adalah kegiatan merancang dan
membuatwadah atau pembungkus
suatu produk.
3. Kualitas Produk (Product Quality)
Kualitas
Produk (Product Quality) adalah kemampuan suatu produk untuk
melaksanakan fungsinya meliputi,
daya tahan keandalan,
ketepatan kemudahan operasi dan perbaikan, serta
atribut bernilai lainnya.
Untuk meningkatkan kualitas
produk perusahaan dapat
menerapkan program ”Total
Quality Manajemen (TQM)". Selainmengurangi kerusakan produk, tujuan
pokok kualitas total
adalah untukmeningkatkan
nilai pelanggan.
Produk
bisa dibedakan kedalam beberapa jenis, baik itu dalam bentuk wujuddan daya
tahan produk tersebut,
atau berdasarkan konsumen
dan produk apayang mampu dikonsumsi oleh konsumen.
Berikuti jenis - jenis produk :
1. Produk Inti (Core Product)
Produk
inti terdiri dari manfaat inti untuk pemecahan masalah yangdicari konsumen
ketika mereka membeli produk atau jasa.
2. Produk Aktual (Actual Product)
Seorang perencana
produk harus menciptakan
produk aktual
(actualproduct) disekitar produk
inti. Karakteristik dari
produk aktualdiantaranya, tingkat
kualitas, nama merek,
kemasan
yangdikombinasikan dengan cermat
untuk menyampaikan manfaat
inti.
3. Produk Tambahan
Produk tambahan
harus diwujudkan dengan
menawarkan jasapelayanan tambahan
untuk memuaskan konsumen,
misalnya denganmenanggapi dengan
baik claim dari
konsumen dan melayanikonsumen lewat
telepon jika
konsumen mempunyai masalah
ataupertanyaan.
Klasifikasi produk
bisa dilakukan atas berbagai macam sudut pandang.Berdasarkan berwujud
tidaknya, produk dapat
diklasifikasikan kedalam duakelompok utama yaitu barang dan jasa. Ditinjau dari aspek daya
tahannya,berdasarkan siapa konsumennya dan untuk apa produk tersebut dikonsumsi,yaitu :
1. Barang Tidak Tahan Lama (Nondurable Goods)
Barang
tidak tahan lama adalah barang berwujud yang biasanya habis dikonsumsi dalam
satu atau beberapa
kali pemakaian. Contohnya
adalah sabun, minuman
dan makanan ringan, kapur
tulis, gula dan
garam
2. Barang Tahan Lama (Durable Goods)
Barang
tahan lama merupakan barang berwujud yang biasanya bisabertahan lama
dengan banyak pemakaian
(umur ekonomisnya untukpemakaian normal adalah satu tahun atau
lebih). Contohnya antara lain TV,lemari es, mobil dan computer.
3. Convinience Goods
Merupakan
barang yang pada umumnya memiliki frekuensi
pembeliantinggi (sering beli),
dibutuhkan dalam waktu
segera, dan hanyamemerlukan usaha yang
minimum (sangat kecil)
dalam pembandingandan pembeliannya. Contohnya
sabun, pasta gigi,
baterai, makanan,minuman,
majalah, surat kabar, payung dan jas hujan.
4. Shopping Goods
Adalah
barang-barang dalam proses
pemilihan dan
pembeliannyadibandingkan
oleh konsumen diantara berbagai
alternatif yangtersedia.
Kriteria perbandingan tersebut meliputi harga, kualitas dan modelmasing-masing
barang. Contohnya alat-alat rumah tangga (TV, mesin cucitape recorder),
furniture (mebel), pakaian.
5. Specially Goods
Adalah barang
- barang yang
memiliki karakteristik dan
identifikasimerek yang unik
di mana sekelompok
konsumen bersedia melakukanusaha khusus
untuk membelinya. Contohnya
adalah barang - barangmewah dengan merek dan model spesifik.
6. Unsought Good
Merupakan barang-barang yang
diketahui konsumen atau
kalaupunsudah diketahui tetapi
pada umumnya belum
terfikirkan untukmembelinya.
Contohnya asuransi jiwa,
batu nisan, tanah kuburan.
Yaitu
proses menciptakan ide produk dan menindaklanjuti sampai produkdiperkenalkan ke
pasar. Selain itu, perusahaan harus memiliki strategi cadanganapabila produk
gagal dalam pemasarannya. Termasuk
diantaranya ekstensiproduk atau
perbaikan, distribusi, perubahan harga dan promosi.
Kesuksesan ekonomi
suatu perusahaan manufaktur
tergantung kepadakemampuan untuk
mengidentifikasi kebutuhan pelanggan,
kemudian secaracepat menciptakan
produk yang dapat
memenuhi kebutuhan tersebut
denganbiaya yang rendah. Hal ini bukan merupakan tanggung jawab bagian
pemasaran,bagian manufaktur, atau
bagian desain saja,
melainkan merupakan tanggungjawab yang melibatkan banyak fungsi
yang ada di perusahaan.
Metode pengembangan produk
berdasarkan kepada permintaan
ataupersyaratan serta spesifikasi produk oleh customer adalah metode
yang cukupbaik, karena dengan
berbasis keinginan customer
maka kemungkinan produktersebut tidak diterima oleh customer
menjadi lebih kecil. Terdapat 5 dimensi
yang biasa digunakan
untuk menilai kinerja
usahapengembangan produk, yaitu :
1. Kualitas produk
Seberapa
baik produk yang dihasilkan dari upaya pengembangan dan dapatmemuaskan kebutuhan
pelanggan. Kualitas produk
pada akhirnya akanmempengaruhi pangsa
pasar dan menentukan
harga yang ingin
dibayaroleh pelanggan.
2. Biaya Produk
Biaya
untuk modal peralatan dan alat bantu serta biaya produksi setiapunit disebut
biaya manufaktur dari
produk. Biaya produk
menentukanberapa besar laba yang dihasilkan oleh perusahaan pada volume
penjualandan harga penjualan tertentu.
3. Waktu Pengembangan Produk
Waktu
pengembangan akan menentukan kemampuan perusahaan dalamberkompetisi,
menunjukkan daya tanggap perusahaan terhadap perubahanteknologi dan pada
akhirnya akan menentukan kecepatan perusahaan untukmenerima pengembalian ekonomis
dari usaha yang
dilakukan timpengembangan.
4. Biaya Pengembangan
Biaya pengembangan biasanya merupakan salah
satu komponen yangpenting dari investasi yang dibutuhkan untuk mencapai profit.
5. Kapabilitas Pengembangan
Kapabilitas
pengembangan merupakan asset yang dapat digunakan olehperusahaan untuk
mengembangkan produk dengan
lebih efektif danekonomis dimasa yang akan datang.
BAB III
PENUTUP
Produk merupakan
titik pusat dari
kegiatan pemasaran karena
produkmerupakan hasil dari suatu perusahaan yang dapat ditawarkan ke
pasar untuk dikonsumsi dan merupakan alat dari suatu perusahaan untuk mencapai
tujuan dariperusahaannya. Suatu produk harus memiliki keunggulan dari produk -
produkyang lain baik dari segi kualitas, desain, bentuk, ukuran, kemasan,
pelayanan,garansi, dan rasa
agar dapat menarik
minat konsumen untuk
mencoba danmembeli produk
tersebut.
Perancangan
dan pembuatan suatu produk baik yang baru atau yang sudahada merupakan bagian
yang sangat besar dari semua kegiatan teknik yang telahada. Kegiatan ini
didapat dari persepsi tentang kebutuhan manusia, kemudiandisusul oleh
penciptaan suatu konsep
produk, perancangan produk,pengembangan dan penyempurnaan
produk, dan diakhiri dengan pembuatan danpendistribusian produk tersebut.
BAB IV
DAFTAR PUSTAKA
Dilworth,
James B. 1992. Operations Management: Design, Planning, and Control
forManufacturing and Services. McGraw Hill.
Fogarty,
Hoffmann, dan Stonebroker. 1989. Production and Operations
management.South-Western Publishing.
http://sariyatiningsih.blogspot.co.id/2014/11/perencanaan-produk.html (03 Okt 24, 11:18)
http://iwandah.blogspot.co.id/2010/03/makalah-pemasaran-produk.html (03 Okt 24,11:18)
.2 Rumusan Masalah
1. Apa itu pengertian
Produk ?
2. Apa saja perlengkapan
Produk?
3. Apa saja jenis Produk ?
4. Apa saja klasifikasi
Produk ?
5. Apa saja perencanaan
produk ?
1.3 Tujuan Penulisan
1. Agar mengetahui apa itu produk.
2. Agar mengetahui perlengkapannya.
3. Agar mengetahui jenis - jenisnya.
4. Agar mengetahui perencanaan produk.
Rumusan Masalah1. Apa itu pengertian Produk
?2. Apa saja perlengkapan Produk?3. Apa saja jenis Produk ?4. Apa saja
klasifikasi Produk ?5. Apa saja perencanaan produk ?1.3 Tujuan Penulisan1. Agar
mengetahui apa itu produk.2. Agar mengetahui perlengkapannya.3. Agar mengetahui
jenis - jenisnya.4. Agar mengetahui perencanaan produk.
- Get link
- X
- Other Apps
Comments
Post a Comment