MAKALAH TENTANG PRODUK

 

KATA PENGANTAR

 

            Puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan paper yang berjudul  Produk ini tepat pada waktunya. Paper ini disusun sebagai salah satu bentuk penugasan dalam mata kuliah pengantar ilmu ekonomi serta sebagai upaya untuk memperdalam pemahaman kami tentang konsep produk dalam dunia bisnis, mulai dari proses pengembangan, pemasaran, hingga kualitas produk.

            Kami menyadari bahwa penyusunan paper ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen pembimbing [nama dosen] yang telah memberikan bimbingan, saran, dan arahan sehingga paper ini dapat terselesaikan dengan baik. Selain itu, kami juga menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan yang telah memberikan dukungan dan masukan selama proses penyusunan paper ini.

            Kami menyadari bahwa paper ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami sangat terbuka terhadap kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan di masa mendatang. Semoga paper ini dapat memberikan manfaat, baik bagi penulis maupun pembaca, serta menambah wawasan dalam bidang produk dan manajemen bisnis.

            Akhir kata, kami berharap paper ini dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan bermanfaat bagi para pembacanya.

 

Aceh Utara,  ……………….2024 

Penulis

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

KATA PENGANTAR.. i

DAFTAR ISI. ii

BAB I PENDAHULUAN.. 1

A.   Latar Belakang. 1

B.    Rumusan Masalah. 2

C.   Tujuan Penulisan. 2

BAB II PEMBAHASAN.. 3

A.   Pengertian Produk. 3

B.    Perlengkapan Produk. 3

C.   Jenis Produk. 4

D.   Klarifikasi Produk. 4

E.    Perencanaan Produk. 5

BAB III. 8

PENUTUP.. 8

A.   Kesimpulan. 8

BAB IV.. 9

DAFTAR PUSTAKA.. 9

                                           

 

 

 

 

 


BAB I PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

            Desain produk merupakan hal yang sangat penting dalam bidang manufaktur.Desain   produk   yang   baik   akan   dapat   meningkatkan   jumlah   dan   harga   jual   dariproduk,   sehingga   dapat   meningkatkan   keuntungan   secara   optimal.   Tetapi,   desainproduk   yang   gagal  mengakibatkan   produk   tidak   terjual   di   pasaran.  Hal  ini,   akanmenimbulkan kerugian tidak hanya dibidang desain saja, bidang yang lain pun akanterkena imbasnya.Desain produk yang baik, harus memenuhi 3 (tiga) aspek penting yang seringdisebut segitiga aspek  produk, yaitu  kualitas yang  baik, biaya rendah, dan jadwalyang tepat. Selanjutnya segitiga aspek produk di atas dikembangkan menjadi suatupersyaratan dalam desain, yaitu desain harus dapat dirakit, didaur ulang, diproduksi,diperiksa hasilnya,  bebas  korosi, biaya  rendah, serta  waktu  yang tepat.   Untuk  itudalam mendesain suatu produk, harus memperhatikan secara detail tentang fungsi-fungsi   dari   produk   yang   didesain.   Guna   mengetahui   secara   rinci   tentang   fungsiproduk,   dapat   dilakukan   dengan   beberapa   metode   pendekatan   mikro   (MC,   MR,Equilibrium), Linier Programming/Dualitas, dan Manajemen Keuangan (BEP).

 

 

 

 

 

 

 

  



B.  Rumusan Masalah

1.      Apa itu pengertian Produk ?

2.      Apa saja perlengkapan Produk?

3.       Apa saja jenis Produk ?

4.      Apa saja klasifikasi Produk ?

5.      Apa saja perencanaan produk ?

 

C.  Tujuan Penulisan

1.      Agar mengetahui apa itu produk

2.      Agar mengetahui perlengkapannya

3.      Agar mengetahui jenis – jenisnya

4.      Agar mengetahui perencanaan produk.

 

 

 

 

 

 

 


BAB II PEMBAHASAN

A.  Pengertian Produk

            Produk   merupakan   titik   pusat   dari   kegiatan   pemasaran   karena   produkmerupakan hasil dari suatu perusahaan yang dapat ditawarkan ke pasar untuk dikonsumsi dan merupakan alat dari suatu perusahaan untuk mencapai tujuan dariperusahaannya.   Suatu   produk   harus   memiliki   keunggulan   dari   produk-produkyang lain baik dari segi kualitas, desain, bentuk, ukuran, kemasan, pelayanan,garansi,   dan   rasa   agar   dapat   menarik   minat   konsumen   untuk   mencoba   danmembeli produk tersebut.

            Menurut Kotler & Armstrong, (2001:  346), produk adalah segala sesuatuyang   dapat   ditawarkan   kepasar   untuk  mendapatkan   perhatian,   dibeli,digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.Secara   konseptual   produk   adalah  pemahaman   subyektif   dari   produsen   atassesuatu yang bisa ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasimelalui   pemenuhan  kebutuhan   dan   kegiatan   konsumen,   sesuai   dengankompetensi dan  kapasitas organisasi serta daya beli pasar. Selain itu produkdapat   pula  didefinisikan   sebagai   persepsi   konsumen   yang   dijabarkan   olehprodusen  melalui hasil produksinya. Produk dipandang penting oleh konsumendan dijadikan dasar pengambilan keputusan pembelian.

B.  Perlengkapan Produk

            Beberapa   perlenggkapan   yang  menyertai   dan   melengkapi   produk(karakteristik atribut produk) adalah :

1.      Merek (branding)

            Merek (brand) adalah nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan,atau    kombinasi     dari     semua     ini    yang    dimaksudkan    untukmengidentifikasi   produk   atau   jasa   dari   satu   atau   kelompok   penjual   danmembedakannya   dari   produk   pesaing.   Pemberian   merek   merupakanmasalah   pokok   dalam   strategi   produk.   Pemberian   merek   itu   mahal   danmemakan   waktu,   serta   dapat   membuat   produk   itu   berhasil   atau   gagal.Nama   merek   yang   baik   dapat   menambah   keberhasilan   yang  besar   padaproduk.

2.      Pengemasan (packing)

            Pengemasan  (packing)   adalah   kegiatan   merancang   dan   membuatwadah  atau  pembungkus  suatu  produk.

3.      Kualitas Produk (Product Quality)

            Kualitas Produk (Product Quality) adalah kemampuan suatu produk  untuk   melaksanakan   fungsinya   meliputi,   daya   tahan   keandalan,  ketepatan   kemudahan operasi   dan perbaikan,   serta   atribut   bernilai  lainnya.   Untuk   meningkatkan   kualitas   produk   perusahaan   dapat  menerapkan     program  ”Total     Quality     Manajemen   (TQM)".     Selainmengurangi kerusakan produk,  tujuan  pokok  kualitas  total  adalah untukmeningkatkan  nilai  pelanggan.

 

C.  Jenis Produk

            Produk bisa dibedakan kedalam beberapa jenis, baik itu dalam bentuk wujuddan   daya  tahan   produk   tersebut,  atau  berdasarkan  konsumen  dan   produk  apayang mampu dikonsumsi oleh konsumen. Berikuti jenis - jenis produk :

1.      Produk Inti (Core Product)

            Produk inti terdiri dari manfaat inti untuk pemecahan masalah yangdicari konsumen ketika mereka membeli produk atau jasa.

2.      Produk Aktual (Actual Product)

            Seorang  perencana  produk harus menciptakan  produk  aktual (actualproduct)   disekitar   produk   inti.   Karakteristik   dari   produk   aktualdiantaranya,     tingkat     kualitas,     nama     merek,     kemasan     yangdikombinasikan  dengan  cermat  untuk  menyampaikan  manfaat  inti.

3.      Produk Tambahan

            Produk   tambahan   harus  diwujudkan  dengan   menawarkan   jasapelayanan   tambahan   untuk   memuaskan   konsumen,   misalnya   denganmenanggapi   dengan   baik   claim   dari   konsumen   dan   melayanikonsumen   lewat   telepon   jika     konsumen   mempunyai   masalah   ataupertanyaan.

 

D.  Klarifikasi Produk

            Klasifikasi   produk   bisa dilakukan atas berbagai macam sudut pandang.Berdasarkan  berwujud  tidaknya,  produk   dapat   diklasifikasikan  kedalam   duakelompok utama  yaitu  barang dan jasa. Ditinjau dari aspek daya tahannya,berdasarkan siapa konsumennya dan untuk apa produk  tersebut dikonsumsi,yaitu :

1.      Barang Tidak Tahan Lama (Nondurable Goods)

            Barang tidak tahan lama adalah barang berwujud yang biasanya habis dikonsumsi   dalam   satu   atau   beberapa   kali   pemakaian.   Contohnya   adalah sabun,   minuman  dan  makanan ringan,   kapur   tulis,  gula  dan  garam

2.      Barang Tahan Lama (Durable Goods)

            Barang tahan lama merupakan barang berwujud yang biasanya bisabertahan   lama   dengan   banyak   pemakaian   (umur   ekonomisnya   untukpemakaian normal adalah satu tahun atau lebih). Contohnya antara lain TV,lemari es, mobil dan computer.

3.      Convinience Goods

            Merupakan barang yang pada umumnya memiliki frekuensi  pembeliantinggi   (sering   beli),     dibutuhkan     dalam     waktu  segera,   dan   hanyamemerlukan usaha  yang  minimum  (sangat  kecil)  dalam  pembandingandan   pembeliannya.   Contohnya   sabun,   pasta   gigi,  baterai,     makanan,minuman, majalah, surat kabar, payung dan jas hujan.

4.      Shopping Goods

            Adalah barang-barang  dalam  proses  pemilihan dan  pembeliannyadibandingkan     oleh     konsumen     diantara     berbagai  alternatif   yangtersedia. Kriteria perbandingan tersebut meliputi harga, kualitas dan modelmasing-masing barang.  Contohnya alat-alat rumah  tangga (TV, mesin cucitape recorder), furniture (mebel), pakaian.

5.      Specially Goods

            Adalah   barang   -   barang   yang   memiliki   karakteristik   dan  identifikasimerek   yang   unik   di   mana   sekelompok   konsumen   bersedia  melakukanusaha  khusus  untuk  membelinya.   Contohnya  adalah barang - barangmewah dengan merek dan model spesifik.

6.      Unsought Good

            Merupakan   barang-barang   yang   diketahui   konsumen  atau   kalaupunsudah   diketahui   tetapi   pada   umumnya   belum   terfikirkan  untukmembelinya. Contohnya  asuransi  jiwa,  batu  nisan,  tanah kuburan.

E.  Perencanaan Produk

            Yaitu proses menciptakan ide produk dan menindaklanjuti sampai produkdiperkenalkan ke pasar. Selain itu, perusahaan harus memiliki strategi cadanganapabila   produk   gagal   dalam   pemasarannya.   Termasuk   diantaranya   ekstensiproduk atau perbaikan, distribusi, perubahan harga dan promosi.

            Kesuksesan   ekonomi   suatu   perusahaan   manufaktur   tergantung   kepadakemampuan   untuk   mengidentifikasi   kebutuhan   pelanggan,   kemudian   secaracepat   menciptakan   produk   yang   dapat   memenuhi   kebutuhan   tersebut   denganbiaya yang rendah. Hal ini bukan merupakan tanggung jawab bagian pemasaran,bagian   manufaktur,   atau   bagian   desain   saja,   melainkan   merupakan   tanggungjawab yang melibatkan banyak fungsi yang ada di perusahaan.

            Metode   pengembangan   produk   berdasarkan   kepada   permintaan   ataupersyaratan serta spesifikasi produk oleh customer adalah metode yang cukupbaik,  karena  dengan   berbasis   keinginan   customer  maka  kemungkinan   produktersebut tidak diterima oleh customer menjadi lebih kecil. Terdapat   5   dimensi   yang   biasa   digunakan   untuk   menilai   kinerja   usahapengembangan produk, yaitu :

1.      Kualitas produk

            Seberapa baik produk yang dihasilkan dari upaya pengembangan dan dapatmemuaskan   kebutuhan   pelanggan.   Kualitas   produk   pada   akhirnya   akanmempengaruhi   pangsa   pasar   dan   menentukan   harga  yang   ingin   dibayaroleh pelanggan.

2.      Biaya Produk

            Biaya untuk modal peralatan dan alat bantu serta biaya produksi setiapunit   disebut   biaya   manufaktur   dari   produk.   Biaya   produk   menentukanberapa besar laba yang dihasilkan oleh perusahaan pada volume penjualandan harga penjualan tertentu.

3.      Waktu Pengembangan Produk

            Waktu pengembangan akan menentukan kemampuan perusahaan dalamberkompetisi, menunjukkan daya tanggap perusahaan terhadap perubahanteknologi dan pada akhirnya akan menentukan kecepatan perusahaan untukmenerima   pengembalian   ekonomis   dari   usaha   yang   dilakukan   timpengembangan.

4.      Biaya Pengembangan

Biaya pengembangan biasanya merupakan salah satu komponen yangpenting dari investasi yang dibutuhkan untuk mencapai profit.

5.      Kapabilitas Pengembangan

            Kapabilitas pengembangan merupakan asset yang dapat digunakan olehperusahaan   untuk   mengembangkan   produk   dengan   lebih   efektif   danekonomis dimasa yang akan datang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 





BAB III

PENUTUP

A.  Kesimpulan

            Produk   merupakan   titik   pusat   dari   kegiatan   pemasaran   karena   produkmerupakan hasil dari suatu perusahaan yang dapat ditawarkan ke pasar untuk dikonsumsi dan merupakan alat dari suatu perusahaan untuk mencapai tujuan dariperusahaannya. Suatu produk harus memiliki keunggulan dari produk - produkyang lain baik dari segi kualitas, desain, bentuk, ukuran, kemasan, pelayanan,garansi,   dan   rasa   agar   dapat   menarik   minat   konsumen   untuk   mencoba   danmembeli produk tersebut.

            Perancangan dan pembuatan suatu produk baik yang baru atau yang sudahada merupakan bagian yang sangat besar dari semua kegiatan teknik yang telahada. Kegiatan ini didapat dari persepsi tentang kebutuhan manusia, kemudiandisusul   oleh   penciptaan   suatu   konsep   produk,   perancangan   produk,pengembangan dan penyempurnaan produk, dan diakhiri dengan pembuatan danpendistribusian produk tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

DAFTAR PUSTAKA

Dilworth, James B. 1992. Operations Management: Design, Planning, and Control forManufacturing and Services. McGraw Hill.

Fogarty, Hoffmann, dan Stonebroker. 1989. Production and Operations management.South-Western Publishing.

http://sariyatiningsih.blogspot.co.id/2014/11/perencanaan-produk.html    (03 Okt 24, 11:18)

http://iwandah.blogspot.co.id/2010/03/makalah-pemasaran-produk.html  (03 Okt 24,11:18)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

.2 Rumusan Masalah

1. Apa itu pengertian Produk ?

2. Apa saja perlengkapan Produk?

3. Apa saja jenis Produk ?

4. Apa saja klasifikasi Produk ?

5. Apa saja perencanaan produk ?

1.3 Tujuan Penulisan

1. Agar mengetahui apa itu produk.

2. Agar mengetahui perlengkapannya.

3. Agar mengetahui jenis - jenisnya.

4. Agar mengetahui perencanaan produk.

Rumusan Masalah1. Apa itu pengertian Produk ?2. Apa saja perlengkapan Produk?3. Apa saja jenis Produk ?4. Apa saja klasifikasi Produk ?5. Apa saja perencanaan produk ?1.3 Tujuan Penulisan1. Agar mengetahui apa itu produk.2. Agar mengetahui perlengkapannya.3. Agar mengetahui jenis - jenisnya.4. Agar mengetahui perencanaan produk.

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH IBNU AL NAFIS DAN ALZAHRAWI

MAKALAH KERAJAAN ISLAM DI MALUKU UTARA

MAKALAH KERAJAAN ISLAM DI RIAU DAN JAMBI